Kekuatan :
Lenovo Group berhasil beradaptasi dengan pasar dunia bahkan di luar lingkup pasar PC (komputer) dan menjadi salah satu perusahaan teknologi personal paling maju dalam era yang disebut Lenovo Group sendiri sebagai sebuah era “PC+”. Kapitalisasi pasar hampir mencapai jumlah dua kali lipat antara akhir tahun fiskal 2010/ 2011 dan 2011/2012 dari US$ 5,7 miliar hingga US$ 9,3 miliar meskipun ada kendala dalam pasar PC dunia yang tengah lesu. Para analis mengatakan jajaran produk Lenovo Group yang seimbang, dan kanal distribusi yang kuat dan kondisi keuangannya yang sehat dalam menyokong kegiatan bisnis menjadi faktor utama keberhasilan Lenovo Group bertengger di Hang Seng sebagai kekuatan bisnis utama sejak 4 Maret 2013. Perusahaan tersebut melengkapi prestasi pertumbuhan organiknya dengan akuisisi untuk menuai keuntungan dan melakukan penetrasi ke pasar yang belum banyak dieksplorasi. Sejumlah kesepakatan bisnis di beberapa tahun terakhir termasuk akuisisi di Brasil (CCE) dan Jerman (Medion) dan sebuah perusahaan patungan (joint venture) dengan NEC Corporation dari Jepang. IDC mengatakan Lenovo merupakan pembuat “perangkat terhubung nan pintar” terbesar ketiga di dunia yang meliputi produk tablet PC, PC dan ponsel pintar. Masuknya Lenovo ke dalam pasar smartphone yang di dalamnya Lenovo telah menaikkan segmen pasar sebesar 45% dari total penduduk dunia, menekankan tekad perusahaan itu memenangkan persaingan dalam mobile internet dan pasar di negara-negara berkembang. Dengan mengujikan produk pertama di China sebelum peluncuran di belahan bumi lainnya, seharusnya menjadi keuntungan besar tersendiri untuk Lenovo dari siklus Windows 8 tahun ini. Bangkitnya permintaan dalam sebuah perusahaan juga akan memberikan dorongan besar. Hubungan dan mode transaksi digunakan untuk melakukan penetrasi perusahaan besar dan sektor konsumen/ UMKM.
Kelemahan :
Dalam mencapai tujuan suatu perusahaan besar atau kecil tidak hanya memiliki kekuatan dalam mencapai tujuan yang diharapkan,namun sebuah perusahaan tentunya memeliki kelemahan baik dalam strategi maupun proses dalam mengimplementasikannya,sama halnya dengan perusahaan lenovo ini,seperti yang telah ditulis diatas mengenai kekuatan yang dimiliki sehingga produk lenovo cepat mengalami perkembangan,disisi lain juga terdapat kelemahan,antara lain perusahaan ini masih memiliki kesulitan untuk membuat nama produk dikenal sebagai barang berkualitas tinggi karena sejarah awal perusahaan yang berdiri dari negara china,karena pada saat ini pengguna masih menjadikan pertimbangan akan kualitas produk dengan negara asal pembuatan. Meskipun lenovo memiliki kelemahan dalam pengembangan produknya,namun manajemen lenovo tetap optimis akan keberhasilan mencapai tujuan yang diinginkan,terbukti meskipun dengan latar belakang seperti demikian,lenovo pada tahun ini menempati peringkat ke 2 dalam penjualan produk terbaik tingkat dunia, banyaknya perubahan dengan menggandeng perusahaan-perusahaan yang telah lebih dahulu berhasil dalam bidangnya menjadi kekuatan yang akan membuat lenovo melangkah maju.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar