Jumat, 14 April 2017

Perkembangan Perusahaan Lenovo


Produk pertama kali yang didirikan oleh “Liu Chuanzi” dan bersama sepuluh orang lainnya pada tahun 1984 di Cina. Dulu perusahaan ini bernama Legend yang dalam istilah Cina lebih dikenal dengan Lianxiang. Dan sekarang sudah berubah nama menjadi Lenovo.
Lenovo telah berhasil menjadi produsen elektronik terbesar didunia pada tahun 2013, walaupun dulu Lenovo dianggap sebagai perusahaan kecil yang hanya bermarkas diruang satpam dengan modal yang sangat minim, namun sekarang Lenovo mampu menjadi produsen terbesar di Cina sebelum tahun 2013.

Secara perlahan, perusahaan ini dikenal diCina dan berkembang menjadi perusahaan yang besar sejak perusahaan Cina ini bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia atau WTO (World Trade Organization), ditetapkan oleh Liu Chuazi pun membawa perubahan besar dengan keuntungan tidak bida dibilang sedikit.
Pada tahun yang sama yaitu 2013, Lenovo berhasil memasuki peringkat kedelapan sebagai produsen elektronik terbesar didunia, dari sinilah istilah Lenovo menjadi tonggak sejarah internasional. Setelah berhasil mengambil alih divisi computer IBM, perusahaan terkemuka di Amerika Serikat pada tahun 2005, Lenovo pun menjadi sorotan dan bahan perbincangan dunia. Setelah bergabungnya perusahaan IBM dan Lenovo, maka Lenovo membangun markas keduanya di Amerika Serikat dengan visi menjadi produsen PC terbesar didunia dengan produk sepetri telepon genggam, perangkat pecitraan, produsen server, dan computer genggam terbaik.

Disamping Lenovo melakukan penjualan yang baik, selama empat tahun berturut-turut dari tahun 2005-2009. Lenovo mengalami penjualan yang sangat meningkat drastic selama berakusisi dengan IBM. Produk Lenovo Think Pad dan Laptop Canggih kreasi Lenovo dan IBM mempengaruhi sector penjualan yang meningkat. Produk lainpun akan semakin dikembangkan oleh Lenovo untuk meningkatkan lagi produk penjualan Lenovo kepasaran dunia.


Pada akhirnya diawal tahun 2009, lebih tepatnya pada bulan Februari kedudukan Liu Chuanzi sebagai CEO harus tergantikan oleh Yang Yuanqing karena pada masa itu Lenovo kurang berhasil untuk bersaing dengan produsen teknologi lainnya. Setelah pergantian kepemimpinan, kondisi perusahaan Lenovo semakin membaik. Yang Yuanqing mampu mengambil langkah besar bagi perkembangan masa depan Lenovo dengan mengubah bentuk atau tampilan Lenovo sehingga Lenovo kembali Berjaya. Hasil kerja keras Yang Yuanqing dibuktikan pada tahun 2013 dimana sejumlah lembaga riset IDC ( International Data  Corporation) dan Garnter menyebutkan bahwa  pangsa pasar Lenovo semakin meningkat 17,6 dari sinilah Lenovo dinobatkan sebagai produsen PC terbesar diseluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar