Lenovo
Group Limited, yang sebelumnya dikenal dengan nama Legend Group,
merupakan produsen PC terbesar di Republik Rakyat Cina. Pada 2004, Lenovo
merupakan produsen PC terbesar kedelapan di dunia. Lenovo juga menjual server, komputer genggam, perangkat
pencitraan, dan telepon genggam. Selain itu, Lenovo juga menyediakan integrasi
teknologi informasi dan jasa dukungan kepadanya. Unit QDI-nya menawarkan
produksi secara kontrak. Pada Desember 2004, Lenovo mengumumkan keinginannya untuk mengambil alih divisi
PC IBM, perusahaan Amerika Serikat yang pernah mempunyai monopoli dalam pasar
PC. Pengambilalihan ini diharapkan akan membuat Lenovo dapat mengembangkan
sayapnya di Barat agar dapat menjadi produsen PC terbesar ketiga di dunia. Pada
1 Mei 2005, Lenovo dengan resmi mengambil alih divisi PC IBM tersebut.
Lenovo Group berhasil
beradaptasi dengan pasar dunia bahkan di luar lingkup pasar PC (komputer) dan
menjadi salah satu perusahaan teknologi personal paling maju dalam era yang
disebut Lenovo Group sendiri sebagai sebuah era “PC+”. Kapitalisasi pasar
hampir mencapai jumlah dua kali lipat antara akhir tahun fiskal 2010/ 2011 dan
2011/2012 dari US$ 5,7 miliar hingga US$ 9,3 miliar meskipun ada kendala dalam pasar
PC dunia yang tengah lesu. Para analis mengatakan jajaran produk
Lenovo Group yang seimbang, dan kanal distribusi yang kuat dan kondisi
keuangannya yang sehat dalam menyokong kegiatan bisnis menjadi faktor utama
keberhasilan Lenovo Group bertengger di Hang Seng sebagai kekuatan bisnis utama
sejak 4 Maret 2013.
Perusahaan
tersebut melengkapi prestasi pertumbuhan organiknya dengan akuisisi untuk
menuai keuntungan dan melakukan penetrasi ke pasar yang belum banyak
dieksplorasi. Sejumlah kesepakatan bisnis di beberapa tahun terakhir termasuk
akuisisi di Brasil (CCE) dan Jerman (Medion) dan sebuah perusahaan patungan
(joint venture) dengan NEC Corporation dari Jepang. IDC mengatakan Lenovo
merupakan pembuat “perangkat terhubung nan pintar” terbesar ketiga di dunia
yang meliputi produk tablet PC, PC dan ponsel pintar.
Masuknya Lenovo ke dalam
pasar smartphone yang di dalamnya Lenovo telah menaikkan segmen pasar sebesar
45% dari total penduduk dunia, menekankan tekad perusahaan itu memenangkan
persaingan dalam mobile internet dan pasar di negara-negara berkembang. Dengan mengujikan produk pertama di China
sebelum peluncuran di belahan bumi lainnya, seharusnya menjadi keuntungan besar
tersendiri untuk Lenovo dari siklus Windows 8 tahun ini. Bangkitnya permintaan
dalam sebuah perusahaan juga akan memberikan dorongan besar. Hubungan dan mode
transaksi digunakan untuk melakukan penetrasi perusahaan besar dan sektor
konsumen/ UMKM.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar