Rabu, 19 April 2017

Sejarah Awal Berdiri Perusahaan Lenovo

Lenovo Group Limited, yang sebelumnya dikenal dengan nama Legend Group, merupakan produsen PC terbesar di Republik Rakyat Cina. Pada 2004, Lenovo merupakan produsen PC terbesar kedelapan di dunia. Lenovo juga menjual server, komputer genggam, perangkat pencitraan, dan telepon genggam. Selain itu, Lenovo juga menyediakan integrasi teknologi informasi dan jasa dukungan kepadanya. Unit QDI-nya menawarkan produksi secara kontrak. Pada Desember 2004, Lenovo mengumumkan keinginannya untuk mengambil alih divisi PC IBM, perusahaan Amerika Serikat yang pernah mempunyai monopoli dalam pasar PC. Pengambilalihan ini diharapkan akan membuat Lenovo dapat mengembangkan sayapnya di Barat agar dapat menjadi produsen PC terbesar ketiga di dunia. Pada 1 Mei 2005, Lenovo dengan resmi mengambil alih divisi PC IBM tersebut.
Hasil gambar untuk perusahaan lenovo 
Lenovo Group berhasil beradaptasi dengan pasar dunia bahkan di luar lingkup pasar PC (komputer) dan menjadi salah satu perusahaan teknologi personal paling maju dalam era yang disebut Lenovo Group sendiri sebagai sebuah era “PC+”. Kapitalisasi pasar hampir mencapai jumlah dua kali lipat antara akhir tahun fiskal 2010/ 2011 dan 2011/2012 dari US$ 5,7 miliar hingga US$ 9,3 miliar meskipun ada kendala dalam pasar PC dunia yang tengah lesu. Para analis mengatakan jajaran produk Lenovo Group yang seimbang, dan kanal distribusi yang kuat dan kondisi keuangannya yang sehat dalam menyokong kegiatan bisnis menjadi faktor utama keberhasilan Lenovo Group bertengger di Hang Seng sebagai kekuatan bisnis utama sejak 4 Maret 2013.
Perusahaan tersebut melengkapi prestasi pertumbuhan organiknya dengan akuisisi untuk menuai keuntungan dan melakukan penetrasi ke pasar yang belum banyak dieksplorasi. Sejumlah kesepakatan bisnis di beberapa tahun terakhir termasuk akuisisi di Brasil (CCE) dan Jerman (Medion) dan sebuah perusahaan patungan (joint venture) dengan NEC Corporation dari Jepang. IDC mengatakan Lenovo merupakan pembuat “perangkat terhubung nan pintar” terbesar ketiga di dunia yang meliputi produk tablet PC, PC dan ponsel pintar.

Masuknya Lenovo ke dalam pasar smartphone yang di dalamnya Lenovo telah menaikkan segmen pasar sebesar 45% dari total penduduk dunia, menekankan tekad perusahaan itu memenangkan persaingan dalam mobile internet dan pasar di negara-negara berkembang.  Dengan mengujikan produk pertama di China sebelum peluncuran di belahan bumi lainnya, seharusnya menjadi keuntungan besar tersendiri untuk Lenovo dari siklus Windows 8 tahun ini.  Bangkitnya permintaan dalam sebuah perusahaan juga akan memberikan dorongan besar. Hubungan dan mode transaksi digunakan untuk melakukan penetrasi perusahaan besar dan sektor konsumen/ UMKM.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar